Tidur merupakan salah satu aktivitas yang memang sebaiknya dilakukan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan tidur merupakan bentuk istirahat yang sangat baik dan maksimal untuk menjaga kondisi tubuh. Ketika tidur dengan cukup, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar. Akan tetapi, anak-anak memiliki kecenderungan tidur yang lebih lama dikarenakan kondisi fisiknya yang belum terlalu kuat. Namun, bagi orang tua, mereka harus menyadari bahwa ada efek buruk terlalu lama tidur bagi anak-anak yang cukup mengancam.

Ya, meskipun tidur merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan, namun dampak kurang baik akan didapatkan jika anak terlalu banyak tidur. Pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal terkait dampak buruk terlalu lama tidur bagi anak-anak yang sebaiknya senantiasa diwaspadai. Apa saja dampak buruk tersebut? Simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Pertumbuhan Fisik Terhambat

Salah satu efek buruk ketika seorang anak terlalu lama tidur adalah pertumbuhan fisiknya akan terhambat. Perlu diketahui bahwa sari makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berguna bagi tumbuh kembang anak. Sari makanan tersebut nantinya akan membentuk sel baru yang berguna. Namun, ketika anak terlalu lama tidur maka sari makanan tersebut akan menumpuk. Salah satu efek buruk terlalu lama tidur ini akan berakibat pertumbuhan fisik yang terhambat dan anak biasanya akan lebih cepat lelah, kurang aktif dan mudah terserang gangguan penyakit.

Gemuk yang Tidak Sehat

Hal lain yang juga termasuk dampak buruk terlalu lama tidur bagi seorang anak adalah menjadi gemuk yang kurang sehat. Beberapa orang tua tentu sangat bahagia ketika anaknya terlihat gemuk karena hal tersebut merupakan tanda jika pertumbuhan anak lebih maksimal. Akan tetapi, gemuk juga ada yang tidak sehat dan disebabkan oleh anak yang terlalu lama tidur. Dalam hal ini, sari makanan yang seharusnya berfungsi untuk menunjang pertumbuhan anak secara vertikal, akan banyak menumbuhkan tubuh secara horizontal. Dengan kata lain, sari makanan hanya akan menyebabkan tubuh membesar karena timbunan lemak.

Diabetes Usia Dini

Jika efek buruk tersebut tidak diatasi dengan segera, maka efek lain yang lebih buruk bisa terjadi. Jika anak dibiarkan tidur terlalu lama secara terus menerus, maka akan ada timbunan lemak yang semakin banyak di dalam tubuh anak tersebut. Timbunan lemak merupakan hal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan tidak mungkin karena keteledoran orang tua dalam menghadapi anak yang terlalu lama tidur tidak segera ditanggulangi, maka anak bisa menderita diabetes atau kegemukan usia dini. Ini tentu akan sangat menghambat pertumbuhan anak dan perilakunya.

Nah, dengan beberapa efek buruk terlalu lama tidur tersebut, perlu dipahami dengan baik bahwa tidur seharusnya diatur sedemikian rupa. Cobalah mencari beberapa informasi mengenai waktu tidur yang proporsional sesuai dengan usia anak anda. Semoga bermanfaat.